Smart Kiosk Tren Display Interaktif di 2015

Mengikuti perkembangan teknologi bukanlah hal yang tabu dalam industri MICE. Saat pameran-pameran di seluruh dunia sudah memanfaatkan display interaktif sebagai media informasinya, Indonesia masih menggunakan perangkat TV dan DVD player.

Kebutuhan akan display informasi dalam industri MICE tidak bisa terhindarkan lagi. Pada setiap stan yang berkelas di pameran-pameran berskala besar, sebuah papan display yang berisi promo produk atau harga pastilah sangat dibutuhkan. Namun, bagaimana kalau informasi yang ingin ditampilkan sangat banyak? Apalagi kalau ada informasi dalam bentuk audio dan video yang ingin ditampilkan? Tentunya dua atau bahkan tiga x-banner sekaligus tidak akan mengatasi.

Tren yang masih digunakan di Tanah Air adalah pemanfaatan TV layar datar dalam ukuran besar yang dipasang vertikal atau horizontal pada sebuah tiang kemudian dihubungkan dengan sebuah pemutar DVD. Praktik seperti ini bisa kita lihat di pameran-pameran dan pusat perbelanjaan. Namun, tidak banyak yang mengerti kalau ini merupakan cara yang tidak tepat, seperti diutarakan oleh Rudi Hidayat, CEO PT V2 Indonesia.

“Karena pada dasarnya TV itu adalah produk rumahan, tidak untuk industri. Tidak bisa digunakan 24/7, juga tidak bisa diputar-putar vertikal/ horizontal. Kalau dipaksakan, jadi cepat rusak. Sama seperti kita memaksakan proyektor atau kulkas pada posisi yang tidak seharusnya,” terangnya.

“Kesalahan kedua adalah TV tidak memiliki brightness yang cukup untuk area publik. Brightness TV hanya 200-250 candela, sedangkan untuk ruang terbuka yang terang setidaknya dibutuhkan 450 candela. Apalagi untuk ruang-ruang yang terkena sinar matahari langsung, layarnya harus memiliki brightness 700 candela agar dapat terlihat dengan mudah,” tambahnya. Karena itu, Rudi menganjurkan kepada pihak-pihak yang menangani public information beralih ke Smart Kiosk, yakni papan display elegan yang dapat menayangkan promo apa pun dalam bentuk audio dan video, termasuk running text sekaligus dengan tampilan yang menarik.

“Smart Kiosk ini tampilannya menarik, kita tidak akan melihat lagi kabel-kabel berantakan yang menghubungkan TV ke pemutar DVD. Selain itu, Smart Kiosk juga tepat bagi toko retail yang memiliki banyak cabang. Tidak perlu lagi mengirimkan materi promosi dalam bentuk CD karena setiap unit Smart Kiosk yang terhubung dengan Internet bisa langsung menerima materi yang di- upload dari kantor pusat,” jelas Rudi.

Rudi menambahkan, ke depannya Smart Kiosk ini akan semakin banyak digunakan, terutama untuk venue ekshibisi berskala besar. “Smart Kiosk dapat berfungsi sebagai penunjuk arah, dengan kemampuan interaktifnya ia dapat menunjukkan arah ruang meeting, konferensi, atau konvensi yang diinginkan, atau toilet terdekat. Tentunya akan memberikan kemudahan sekaligus layanan ekstra bagi peserta konvensi,” terangnya.

Dengan harga jual US$3.500-6.500 per unit, V2 Indonesia telah menjual 700 unit sepanjang tahun 2014, dan sebagian besar pembelinya berasal dari instansi pemerintahan dan perusahaan. Di tahun 2015 ini V2 akan menjalin lebih banyak kerja sama dengan kontraktor, juga stakeholder lain dari industri MICE, agar setiap pameran dapat tampil lebih baik sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.

“Kendala yang ada selama ini bukan di harga, kebanyakan mereka lebih takut di teknologinya. Mereka pikir menyiapkan materi display dan mengoperasikannya akan sulit. Padahal, dengan software yang ada, kita tinggal input materi saja, klik, drag, dan drop, sama seperti menyusun materi presentasi biasa. Kalau masih bingung, kami bisa membantu pembuatan materi bagi klien yang ingin menyewa Smart Kiosk ini. Sedangkan bagi yang ingin membeli, kami akan memberikan training gratis,” tutupnya. Head Offce: PT. V2 INDONESIA 5th Floor Intiland Tower Jl. Jendral Sudirman Kav.32 Jakarta 10220 Tel. 021-5785 3547 Fax. 021-5785 3549 www.v2indonesia.com Showroom: MICE CEN

Comment Form

Share :

New Post

+62 21 5785 3547

V2 INDONESIA

Head Office : 5th Floor Intiland Tower, Jl. Jendral Sudirman 32, Jakarta 10220, Indonesia

info@v2indonesia.com